Home » » Guru Berprestasi?

Guru Berprestasi?

Kadang geli rasanya saat seorang guru memamerkan prestasi satu-dua muridnya untuk menarik minat calon murid, seolah mereka akan sangat beruntung mengenyam pendidikan darinya.

Kenapa? Karena..

Jika seorang guru hanya mampu mencetak satu, dua atau tiga siswa berprestasi di tiap angkatan, maka sejatinya, guru itulah yang beruntung karena mendapatkan murid cerdas hingga berhasil mengharumkan namanya. Bukan sebaliknya.

Guru berprestasi adalah guru yang memberi kesuksesan merata bagi siswanya. Bukan guru yang memberi kesuksesan pada satu-dua muridnya.

Karena adalah sebuah kesalahan, jika guru hanya terpaku pada siswa gemilang, dan tidak menghiraukan siswa yg mungkin dayanya kurang.

Karena siswa bukanlah mahasiswa yang telah dewasa yang tau apa yang terbaik untuknya.

Karena siswa butuh guru ikhlas, tawadhu dan punya etos kerja. Tidak seperti mahasiswa yang bisa saja memahami dosennya yang tidak hadir namun meninggalkan tugas sekian giga.

Karena siswa adalah anak, bukan seperti mahasiswa yang bisa dipanggil 'saudara'.

Karena pendidikan siswa adalah pendidikan paling penting yang akan menentukan akan jadi apa siswa itu kelak.

Karena guru bukanlah profesi, bukan lahan mencari uang, melainkan sebuah amanah ilmiah, dan untuk menjaga sebuah amanah, jangan pernah main-main. Berat, sungguh berat menjadi seorang guru..

Semoga Allah selalu menuntun kita untuk jadi lebih baik.. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2013. Al-Fatih Revolution Brotherhood - Tolong sertakan sumber saat mengutip :)
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger