Home » » Berjalan Kaki dari Spayol ke Iraq, Kisah Perjuangan Baqi' bin Makhlad

Berjalan Kaki dari Spayol ke Iraq, Kisah Perjuangan Baqi' bin Makhlad


Peta perjalanan Baqi bin Makhlad
Imam Ahmad bin Hanbal adalah seorang pakar hadits yang mumpuni hebat. Kepakarannya tidak hanya tenar di tanah Baghdad, namun juga sampai di ujung barat, tempat berdirinya Daulah Umayyah II, tanah Andalusia (Spanyol).

Adalah Baqi bin Makhlad, sebab mendengar kabar tentang Imam Ahmad, ia nekad menyeberangi Selat Giblartar, semangat menapaki terjal jalan Maroko, menembus gurun pasir Libiya, melewati suburnya lembah Nil Mesir, hingga ia sampai di Baghdad, kota Imam Ahmad bin Hanbal. Perjalanan panjang dari tanah Andalusia menuju Iraq, ia lalui dengan hanya berjalan kaki. BERJALAN KAKI.

Baqi bin Makhlad tanpa kepastian yang akan ia dapat. Telah nyaris sampai ia di Baghdad saat sebuah kabar datang kepadanya. Imam Ahmad bin Hanbal mendapat hukuman dari penguasa. Ia dilarang bergaul dengan masyarakat, dan masyarakat pun dilarang belajar darinya. Imam Ahmad telah diboikot.

Baqi bin Makhlad terguncang, sedih, kecewa. Perjalanan panjang yang ia lalui seolah akan jadi sia-sia. Spayol menuju Iraq, bukan perjalanan mudah, butuh kesabaran, kekuatan, dan keinginan yang tidak main-main besarnya.


Tak ingin terpuruk lama, ia tetap melanjutkan perjalanannya ke Baghdad, tanahnya para ulama. Mencari penginapan, meletakkan barang bawaan, kemudian ia segera menuju Masjid Jami’ Al-Kabir, sekedar duduk di majlis ilmu, mendengarkan pengajian yang ada.

Baqi bin Makhlad beruntung, karena di masjid, sebuah pengajian bagus sedang berlangsung. Jamaah mulai memadat, tanda pengajian tersebut memang sarat manfaat.

“Ini pengajian siapa?” Baqi berbisik kepada lelaki di sebelahnya.

“Oh, ini pengajian Yahya bin Ma’in,” jawab si lelaki.

Mendengar nama Yahya bin Ma’in, semangat Baqi bin Makhlad menyala. Rasa haus ilmu mmemuncak tiba-tiba. Ia tahu, bahwa lelaki yang kini memberi pengajian bukan orang biasa. Yahya bin Ma’in, ulama hadits terkemuka. Ia segera mencari kesempatan, tak ingin duduk di belakang. Melihat sebuah tempat kosong di dekat sang guru, ia segera pindah duduk di sana.

“Wahai Guru, Yahya bin Ma’in, saya adalah lelaki asing yang merantau jauh dari tanah airnya. Saya ingin bertanya dan sangat mengharap jawaban dari Anda,” Baqi meminta izin.

“Apa pertanyaanmu?” ujar Yahya bin Main.

Baqi bin Makhlad mulai bertanya mengenai status beberapa periwayat hadits. Nama-nama para periwayat hadits ia sebutkan, dan Yahya bin Main memberikan rekomendasi untuk beberapa nama, sedangkan sebagian lain ia beri kritikan. Banyak nama ia tanyakan.

Rasa ingin bertanya masih terlihat dari gelagat Baqi’ bin Makhlad, seolah masih tersisa dua ribu pertanyaan lagi di benaknya. Peserta pengajian yang lain pun bersorak, “Sudahi pertanyaanmu saudara! Yang lain juga ingin bertanya,”

Baqi terdiam sejenak, kemudian berdiri. Pertanyaan yang akan ia ajukan kini adalah pertanyaan paling penting. Pertanyaan yang menjadi tujuannya datang ke tanah Baghdad. Dan ia harus mendapatkan jawabannya.

“Wahai guru, saya ingin bertanya mengenai seorang lelaki, bernama Ahmad bin Hanbal,”

Raut Yahya bin Ma’in berubah. Ia terdiam sejenak. Lelaki yang ditanyakan oleh Baqi bin Makhlad bukanlah lelaki yang patut dipertanyakan.

“Apakah lelaki sepertiku berhak berkomentar mengenai Imam Ahmad bin Hanbal? Beliau, tak ragu lagi, adalah Imam umat Islam, lelaki terbaik yang dimiliki umat!”

***

Baqi bin Makhlad kini berada di depan sebuah rumah. Seorang lelaki di jalanan Baghdad memberi tahunya kalau rumah ini adalah rumah yang ia cari. Ia mengetuk, menunggu, hingga seorang lelaki muncul dari balik pintu. Dialah Imam Ahmad bin Hanbal.

Rasa heran terlihat dari gurat wajah sang Imam. Lelaki yang mengetuk pintunya terlihat asing. “Lelaki ini pasti bukan dari Baghdad,” gumamnya.

“Wahai Imam Ahmad, saya adalah lelaki asing di sini, perantau,” Baqi menjelaskan siapa dirinya. Benar dugaan sang Imam.

“Ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki di Baghdad. Saya adalah pencari dan penghimpun hadits Nabi Saw. Makanya, saya rela menempuh perjalanan jauh dari tanah air saya demi mendapatkan riwayat hadits dari Anda,” wajah Baqi bin Makhlad terlihat penuh harap.

“Ah, kalau begitu segera masuk! Jangan sampai terlihat oleh orang lain,” Imam Ahmad segera membawa Baqi masuk, waspada jika mata-mata Sultan memergoki mereka. Ia sadar keadaan ini bukan hanya bisa membahayakan dirinya, namun juga Baqi bin Makhlad.

“Dari mana asalmu?” Imam Ahmad bertanya saat keadaan sudah terasa aman.

“Saya dari negeri di ujung Barat, Imam,” ujar Baqi.

“Afrika (Maroko)?” Imam Ahmad kembali bertanya.

“Hm, sedikit lebih jauh, Imam. Saya berasal dari seberang lautan. Spanyol, tanah Andalusia,”

Imam Ahmad takjub. Tak menyangka jika seorang lelaki rela menempuh perjalanan jauh demi menuntut ilmu darinya.

“Sungguh perjalanan jauh telah kau lalui. Dan sungguh, aku sangat ingin membantumu dalam urusan ini. Tapi, ku rasa, bukankah kau sudah tahu keadaanku? Kau tahu kalau saat ini aku diboikot bukan?”

“Ya, Imam. Saya sudah tahu. Kabar itu kudapat sesaat sebelum aku memasuki gerbang Baghdad,” Baqi menjawab lesu.

Sesaat suasana hening. Keduanya terdiam. Imam Ahmad merasa sayang melihat perjuangan berat yang telah dilalui Baqi. Baqi pun tak ingin perjuangannya sia-sia. Ia berpikir, bagaimana caranya agar ia tetap bisa belajar kepada Imam Ahmad tanpa mendapatkan hukuman dari Sultan.

Sebuah ide gila muncul di benaknya.

“Wahai Imam! Saya punya sebuah solusi,” wajah Baqi terlihat cerah.

“Apa itu?” Imam Ahmad penasaran.

“Jika Imam mengijinkan, saya akan datang kemari setiap hari, menyamar sebagai pengemis. Nanti, saya akan berdiri di depan pintu, memanggil meminta layaknya pengemis. Saat itu saya punya kesempatan untuk berguru kepada Imam. Satu hadits sehari pun cukup bagi saya. Bagaimana menurut Imam?”

Senyum tergurat di wajah Imam Ahmad. Kesugguhan lelaki di hadapannya tidak main-main.

“Baiklah. Aku akan memberikanmu hadits. Namun aku punya syarat,”

“Apa itu wahai Imam?”

“Kau tak boleh menampakkan diri di majlis manapun, dan kau tidak boleh berguru hadits kepada siapapun selain aku. Jangan sampai orang curiga dan mengetahui identitas aslimu,”

“Baiklah, Imam. Saya sanggupi,” Baqi mengangguk senang.

***

Begitulah.

Setiap pagi, Baqi bin Makhlad mengunjungi Imam Ahmad, menyaru sebagai pengemis. Sedikit demi sedikit hadits ia kumpulkan, pagi demi pagi ia lalui. Setiap hari ia mendapat dua-tiga hadits hingga hadits yang telah ia dapat mencapai sekitar 300 hadits.

Kegiatan rahasia itu terus berlanjut hingga Sultan yang menghukum Imam Ahmad meninggal, dan penggantinya membebaskan Imam Ahmad dari segala hukuman. Namanya kembali bersih, murid-muridnya kembali banyak dan kesabaran Baqi bin Makhlad selalu terekam dalam bayangan.

Di setiap pengajiannya, Imam Ahmad selalu memberikan tempat di sebalahnya kepada Baqi bin Makhlad, bangga akan muridnya tersebut.

“Ini adalah sosok penuntut ilmu sejati,” ujar Imam Ahmad kepada peserta pengajiannya.

Kemudian Imam Ahmad menceritakan bagaimana Baqi bin Makhlad berjalan kaki dari Spanyol menuju Baghdad, bagaimana ide gila Baqi hingga banyak hadits ia dapat, dan bagaimana kesabarannya berpenampilan layaknya pengemis, setiap pagi mengunjungi Imam Ahmad.

***

Ku ambil nafas panjang saat selesai membaca kisah ini. Kisah luar biasa tentang Baqi bin Makhlad yang dikisahkan oleh Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah dalam kitab fenomenalnya, Shafahat min Shabril Ulama, lembaran-lembaran kisah nyata kesabaran para ulama.

Dibanding Baqi bin Makhlad, ada dimana posisi kita? Sudahkah perjuangan kita sehebat perjuangannya yang berjalan kaki melewati 7 negara? Sudahkah kesabaran kita seperti kesabarannya yang rela berpenampilan seperti pengemis demi beberapa hadits setiap harinya? Sudah berapa jam telah kita sia-siakan, sudah berapa ilmu yang kita hiraukan?

Setiap kita memiliki singa dalam dirinya. Namun beberapa singa terlelap, merasa kenyang akan sesuatu yang sebenarnya tak ada manfaatnya. Semoga kisah perjuangan Baqi bin Makhlad ini bisa membangunkan singa tersebut, agar ia bisa mengaum menunjukkan taringnya.

Semoga Allah selalu menuntun kita untuk jadi lebih baik.. (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Facebook | Twitter | Google+
Copyright © 2013. Al-Fatih Revolution Brotherhood - Tolong sertakan sumber saat mengutip :)
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger